Bar Chart

Bar Chart

Pengertian Bar chart?

Bar chart adalah sebuah alat analisis yang menunjukkan pergerakan harga Open, High, Low, Close yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah pergerakan harga set seperti saham, forex dan komoditas. Bar chart disebut juga Grafik batang, Setiap batang menunjukkan bagaimana harga bergerak selama jangka waktu tertentu.

Setiap bar biasanya menunjukkan harga pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan (OHLC) yang biasanya digunakan dalam teknikal analisis dalam sebuah trading atau perdagangan.

Fungsi Bar chart

Fungsi Bar chart adalah sebagai alat bantu pengambil keputusan yang memungkinkan pedagang untuk menganalisis tren, melihat potensi tren pembalikan, dan memantau volatilitas dan pergerakan harga.

Contoh gambar diagram bar chart

Cara membaca Bar chart

1. Open (Harga pembukaan)

Pada harga pembukaan market di pagi hari disebut harga pembukaan atau open yang ditandai garis pendek horizontal.

2. High (Harga tertinggi)

Harga ini terjadi setelah pembukaan sebelum jam perdagangan berakhir yang menandai harga tertinggi pada hari tersebut sebelum pasar tutup.

3. Low (Harga terendah)

Harga terendah yang terjadi di hari tersebut setelah opening dan sebelum penutupan pasar.

4. Close (harga penutupan)

Harga Penutupan yang manandakan berakhirnya pasar perdagangan di hari tersebut.

 Jenis – Jenis timeframe Bar chart

Penjelasan cara membaca bar chart diatas untuk timeframe waktu harian atau daily, sedangkan untuk waktu yang berbeda misalkan 1 menit maka harga penutupan pada akhir menit dan harga pembukaan pada awal menit.

Contoh 10.00 merupakan harga opening yang terbentuk, lalu sebelum menit berakhir juga akan terbentuk harga tertinggi dan terendah lalu pada saat 10.01 maka harga penutupan akan terbentuk. Hal tersebut juga berlaku timeframe menit lain seperti 3 menit, 5 menit, 15 menit, 30 menit, 1 jam dll.

Perbedaan grafik Bar chart dengan grafik candlestick

Grafik bar chart memiliki kemiripan dengan candlestick  dari Jepang. Kedua tipe bagan menunjukkan informasi yang sama namun dengan visualisasi dan cara yang berbeda.

Grafik batang terdiri dari garis vertikal dengan garis horizontal kecil di kiri dan kanan yang menunjukkan buka (Open) dan tutup(Close). Candlestick juga memiliki garis vertikal yang menunjukkan titik tertinggi dan terendah pada periode tertentu (disebut bayangan atau sumbu), tetapi perbedaan antara pembukaan dan penutupan diwakili oleh bagian yang lebih tebal yang disebut body candle.

Body Candle atau tubuh diarsir atau diwarnai merah jika penutupan di bawah pembukaan dan tubuh berwarna putih atau hijau jika penutupan di atas pembukaan. Meskipun informasinya sama, tampilan visual dari kedua jenis bagan tersebut berbeda.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar