Bear Hug

Bear Hug

Apa itu Bear Hug ?

Bear Hug jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya pelukan beruang, namun dalam bisnis Bear Hug adalah tawaran yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk membeli saham perusahaan lain (akuisisi) dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga perusahaan itu di pasar. Strategi akuisisi ini digunakan ketika ada keraguan bahwa manajemen atau pemegang saham perusahaan target bersedia untuk menjual perusahaanya, oleh karena itu dibuatlah tawaran harga yang tinggi agar sulit ditolak.

Istilah Bear Hug mengisyaratkan bujukan halus dari penawaran perusahaan yang menginginkan perusahaan target. Dengan menawarkan harga akuisisi yang jauh melebihi nilai perusahaan target saat ini, biasanya proses akuisisi akan berjalan lancar. Pada dasarnya Manajemen perusahaan target dipaksa untuk menerima tawaran yang dapat menguntungkan, karena secara hukum berkewajiban untuk menjaga kepentingan para pemegang sahamnya.

Kenapa perusahaan melakukan strategi Bear Hug ?

Suatu perusahaan melakukan strategi Bear Hug agar menghindari upaya akuisisi yang lebih konfrontatif atau yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proses akuisisinya. Perusahaan yang mengakuisisi dapat menggunakan stretegi Bear Hug untuk mengurangi persaingan atau memperoleh barang atau jasa yang melengkapi penawarannya saat ini.

Suatu strategi dikatakan sebagai Bear hug jika perusahaan yang mengakuisisi membuat penawaran jauh di atas nilai pasar untuk sejumlah besar saham perusahaan, jika penawaran harga akuisisi yang dibuat sama dengan harga pasar maka strategi tersebut tidak dapat dinamakan Bear Hug.

Strategi Bear Hug cukup sulit untuk ditolak atau diabaikan oleh manajemen perusahaan target, karena perusahaan target diharuskan untuk mengutamakan kepentingan terbaik para pemegang sahamnya, sering kali manajemen perusahaan target ditekan untuk menjajaki tawaran dengan serius.

Bahkan jika perusahaan target menolak karena sebelumnya tidak ada rencana untuk menjual perusahaan atau pengumuman bahwa perusahaan sedang mencari pembeli maka, akan ada resiko dituntut oleh pemegang saham karena tidak bertindak untuk kepentingan terbaik pemegang saham.

Strategi Bear Hug dapat dikatakan sebagai strategi akuisisi pengambilalihan perusahaan secara paksa tetapi biasanya lebih menguntungkan secara finansial bagi pemegang saham, karena harga yang ditawarkan lebih tinggi.

Keuntungan Bear Hug

  • Bagi perusahaan yang diakuisisi strategi Bear Hug membuat pemegang saham perusahaan untung
  • Bagi perusahaan yang mengakuisisi, strategi Bear Hug adalah tawaran yang sulit ditolak perusahaan target, sehigga proses pengambilalihan perusahaan dapat berjalan lebih lancar.

Kerugian Bear Hug

  • Bagi perusahaan yang diakuisisi, strategi Bear Hug menempatkan perusahaan pada posisi sulit untuk menolak tawaran tersebut, bahkan menolak tawaran tersebut berpotensi untuk dituntut oleh pemegang saham jika perusahaan tidak dapat menjelaskan alasan penolakan dengan jelas.
  • Bagi perusahaan yang mengakuisisi, strategi Bear Hug memakan biaya yang besar sehingga, perusahaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan laba atas investasi yang dilakukan.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar