Bearer Bond

Bearer Bond

Apa itu Bearer Bond ?

Bearer Bond adalah instrumen hutang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan yang hak miliknya dimiliki oleh pemegang atau pembawa surat hutang tersebut. Pada obligasi ini tidak terdaftar nama pemegang obligasi sehingga siapa pun yang secara fisik memegang sertifikat obligasi tersebut dianggap sebagai pemilik.

Investor harus menyerahkan sertifikat Obligasi kepada agen resmi untuk menerima pembayaran kupon, karena obligasi ini tanpa nama maka, investor harus menyimpan sertifikat obligasi dengan hati-hati, jika sertifikat obligasi hilang tidak akan dapat diganti atau dibuatkan yang baru dan pemelik obligasi akan kehilangan haknya.

Sejarah Bearer Bond

Bearer Bond pertama kali diperkenalkan pada akhir 1800-an di Amerika serikat, untuk mendanai Rekonstruksi pasca-Perang Saudara di US. Produk Investasi ini mendapatkan respon positif dari masyarakat, karena mudah ditransfer dan dengan menggunakan sedikit sertifikat dana jutaan dollar dapat dicairkan, sehingga memudahkan transaksi.

Keunggulan Bearer Bond

Ada beberapa keunggulan Bearer Bond, sebagai berikut :

  • Seperti instrumen pendapatan tetap lainnya, investor akan mendapatkan kupon/bunga dari Obligasi ini
  • Bunga dibayarkan secara berkala. Kupon Obligasi yang dikirimkan ke agen atau bankir akan diakui, dan pembayaran langsung diproses.
  • Jumlah pokok obligasi langsung dibayarkan saat tanggal jatuh tempo.
  • Obligasi mudah dipindahtangankan.
  • Anonim atau Kerahasiaan pemilik sangat terjamin.

Resiko Bearer Bond

  • Pada Obligasi Bearer tidak ada nama pemilik yang tertulis pada sertifikat obligasi, sehingga memungkinkan bunga dan pokok obligasi dibayarkan tanpa pengecekan apapun dan kepada siapa pun yang menyerahkan sertifikat obligasi kepada agen resmi.
  • Sebelum aturan terbaru yang diberlakukan pada tahun 2010, pemegang obligasi bearer hanya perlu menyerahkan sertifikat obligasi kepada agen penerbit pada tanggal jatuh tempo untuk mencairkan obligasi tersebut secara anonim. Obligasi ini memiliki resiko kehilangan atau pencurian, jika obligasi telah dicuri atau hilang, tidak ada cara untuk melacak atau menerbitkan kembali obligasi tersebut ke penerima yang berhak.
  • Pemilik obligasi meniggal dan yang bersangkutan menyimpan obligasi tersebut disuatu tempat yang rahasia, jika ahli waris yang sah tidak dapat menemukan sertifikat Obligasi, maka ahli waris tidak dapat mengklaim Obligasi tersebut.
  • Obligasi Bearer  sering digunakan untuk tujuan ilegal seperti pencucian uang, transaksi bisnis tanpa nama, penggelapan pajak, dll.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar