Cara Investasi Income Stock Investing

Cara Investasi  Income Stock Investing

Apa itu Income Stock Investing ?

Stock Income Investing adalah investasi saham pada saham yang memberikan deviden secara konsisten dan dalam jumlah yang besar. Deviden adalah laba bersih perusahaan yang dibagikan ke pemegang saham, biasanya deviden dibagikan satu kali dalam setahun, namun ada juga perusahaan yang membagikan deviden lebih dari satu kali setahun, keputusan pembagian deviden akan dibahas ketika RUPS.

Perbedaan Income Stock dan Growth Investing

Strategi investasi Stock Income mencari saham – saham yang memberikan Return deviden tinggi, sedangkan Growth investing mengincar keuntungan dari kenaikan harga saham / capital Gain. Saham yang termasuk dalam Stock Income Investing biasanya adalah perusahaan yang sudah mature, sulit untuk bertumbuh lagi namun tidak menutup kemungkinan harga saham Stock income naik lebih tinggi dikemudian hari.

Ciri – ciri saham Income stock

  1. Membagikan dividen yang tinggi dan konsisten setiap tahun.
  2. Volatilitas harga saham rendah (pengukuran menggunakan beta) atau harga saham cenderung stabilan atau sideways.
  3. Mempunyai tingkat pertumbuhan dividen yang moderat.
  4. Perusahaan sudah cukup lama berdiri dan biasanya produk sudah sangat dikenal luas sehingga ekspansi usaha cukup terbatas.

Kelebihan dan kekurangan strategi Income Stock

Passive Income, Investor akan mendapatkan bagi laba perusahaan setiap tahun tanpa bekerja dan tanpa mengelola perusahaan tersebut, investor hanya perlu membeli dan menyimpan saham tersebut, namun untuk mendapatkan hasil pembagian deviden yang besar investor harus memiliki jumlah saham yang besar pula, jika hanya memiliki dibawah 100 lot tentu hasil deviden yang dibayarkan per tahun tidak terlalu berdampak signifikan.

Contoh tahun 2020 lalu Bukit ASAM (PTBA) membagikan deviden Rp326/lembar, jika seorang investor memiliki 100 Lot saham PTBA maka investor tersebut akan mendapatan pembayaran deviden sebesar :

            Rp326 x 100lot x 100lembar = Rp3.260.000

Deviden yang di dapatkan investor tersebut adalah Rp3.260.000, jika ingin mendapatkan nominal deviden yang lebih besar maka investor tersebut harus memiliki jumlah saham yang lebih besar pula.

Daftar Saham Income Stock

Bursa Efek Indonesia (IDX) sudah membuat list indeks saham yang membagikan deviden dengan return tinggi. IDX HIGH DEVIDEN 20 adalah daftar 20 saham yang memberikan deviden yield yang tingggi.

IDX HIGH DEVIDEN 20

ADRO

INTP

ASII

ITMG

BBCA

KLBF

BBNI

PGAS

BBRI

PTBA

BMRI

TLKM

CPIN

TOWR

DMAS

UNTR

HMSP

UNVR

INDF

WSBP

Sumber : IDX

Daftar saham di atas berlaku untuk periode Februari 2021 sampai februari 2022

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar