Cara membaca Orderbook, Bid, Offer

Cara membaca Orderbook, Bid, Offer

Definisi Orderbook

Orderbook adalah sebuah menu tampilan dalam online trading yang didalamnya terdapat informasi mengenai sebuah order suatu saham seperti permintaan, penawaran, volume, frekuensi dan perubahan harga terkini sebuah saham. Setiap sekuritas memiliki tampilan orderbook yang berbeda - beda, namun secara keseluruhan memiliki tujuan informasi yang sama.

Informasi-informasi dalam orderbook

1. Code = Kode saham yang terdiri dari dari 4 huruf.

2. Last = Harga saat ini, atau harga terakhir (terupdate) saham saat terjadi transaksi jual beli.

3. Prv = Harga saham pada penutupan perdagangan hari sebelumnya

4. Change = Perubahan (kenaikan atau penurunan) nilai harga dari harga saham hari sebelumnya.

5. Change (%) = Perubahan persentase kenaikan atau penurunan harga saham dari harga sebelumnya.

6. Open = Harga pembukaan saham (Jam 9 pagi)

7. High = Harga tertinggi saham yang pernah dicapai pada hari tersebut.

8. Low = Harga Terendah saham yang pernah dicapai pada hari tersebut.

9. Lot = Jumlah lot transaksi yang telah terjadi

10. Val = Jumlah nominal total nilai transaksi yang telah terjadi.

11. Avg = Rata-rata harga perdagangan pada hari tersebut.

12. Bid atau Buy = Daftar yang menunjukkan antrian beli saham

13. Offer/Ask atau Sell = Daftar yang menunjukan antrian jual saham

Fungsi Orderbook

1. Mengetahui informasi saham terkini

Untuk mengetahui harga saham saat ini, dan kondisi perdagangan saham yang sedang berjalan, paling mudah menggunakan orderbook.

2. Alat bantu pengambilan keputusan jual atau beli

Orderbook dapat menjadi alat bantu yang dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan beli maupun jual.

Aturan antrian Transaksi Saham

Penawan jual dan permintaan beli yang sudah di input akan diproses oleh sistem bursa dengan memperhatikan hal sebagai berikut:

1. Prioritas harga (price priority)

Permintaan beli pada harga yang lebih tinggi memiliki prioritas terhadap permintaan beli pada harga yang lebih rendah, sedangkan penawaran jual pada harga yang lebih rendah memiliki prioritas terhadap penawaran jual pada harga yang lebih tinggi.

2. Prioritas Waktu (time Priority)

Bila penawaran jual atau permintaan beli diajukan pada harga yang sama, maka sistem akan memberikan prioritas kepada permintaan beli atau penawaran jual yang diajukan terlebih dahulu.

Pengurangan jumlah Efek baik pada penawaran jual maupun pada permintaan beli untuk tingkat harga yang sama tidak mengakibatkan hilangnya prioritas waktu. (source: idx web)

Cara membaca orderbook

1. Cara Membaca Informasi Harga saham

Jika ingin mengetahui informasi dasar perdagangan saham yang sedang berjalan, anda dapat melihat harga “last” yang berarti harga saat ini, kemudian melihat “Change” berapa perubahan yang sudah terjadi, lalu melihat AVG yang merupakan rata-rata harga perdagangan.

2. Cara Membaca Bid Offer

 a. BID

Kolom BID merupakan informasi antrian beli yang sudah di input oleh investor. Perhatikan gambar ditas:

Informasi yang ditunjukan pada orderbook diatas yaitu, pada harga 4,320 terdapat sebanyak 2,547 lot saham yang mengantri beli, harga 4,310 terdapat 8,616 lot antrian, dan seterusnya. Karna pada bursa efek menggunakan price priority berarti antrian beli dengan harga tertinggi akan di eksekusi lebih dulu. Pada bagian bawah adalah jumlah keseluruhan antrian beli yang sudah masuk dalam sistem.

b. Offer

Kolom Offer/Ask merupakan informasi antrian jual yang sudah di input oleh investor. Perhatikan gambar ditas:

Informasi yang ditunjukan pada orderbook diatas yaitu, pada harga 4,330 terdapat sebanyak 4,903 lot saham yang mengantri jual, harga 4,340 terdapat 1,258 lot antrian, dan seterusnya. Karna pada bursa efek menggunakan price priority berarti antrian Jual dengan harga terendah akan di eksekusi lebih dulu. Pada bagian bawah adalah jumlah keseluruhan antrian jual yang sudah masuk dalam sistem. 

HAKA = “Hajar Kanan” istilah yang sering dipakai, ketika ingin membeli saham tanpa antri, yaitu dengan membeli pada harga bagian kanan, atau kolom offer.

HAKI = “Hajar Kiri” Ketika ingin menjual saham tanpa antri, langsung terjual, maka harus menjualnya pada harga sebelah kiri, yaitu harga BID.

Orderbook Sebagai Alat Bantu Transaksi

Orderbook berguna sebagai alat bantu untuk menentukan diharga berapa anda akan masuk dan keluar pada saham, apalagi jika anda sedang melakukan trading cepat.

1. Harga AVG

Harga average atau harga rata-rata dapat diartikan bahwa pada saat itu harga saham paling banyak diperdagangkan pada range harga tersebut, jadi jika harga “last” berada dibawah jauh harga Avg, maka terdapat kesempatan untuk melakukan pembelian.

2. Jumlah BID & Offer

Jumlah BID dan Offer sering digunakan para pelaku pasar untuk menganalisa pergerakan harga pada saat itu juga. Beberapa menganggap, jika jumlah BID lebih banyak maka harga akan cenderung bergerak naik, dan jika jumlah Offer lebih banyak maka harga akan cenderung turun. Namun teori tidak begitu valid, karena posisi BID maupun Offer dapat dicabut/cancel kapan saja.

3. Perubahan BID & Offer

Dalam kondisi saham sedang naik cepat, pergerakan BID dan Offer menjadi sangat “liar” BID dan Offer bergerak sangat cepat. Anda dapat mempelajari untuk mengamati pergerakanya, sehingga dapat membatu Analisa anda. Untuk dapat mengganalisa perubahan BID dan Offer membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang banyak.

Kesimpulan

Orderbook adalah salah satu komponen terpenting dalam aplikasi online trading, dengan orderbook investor dapat terbantu dengan informasi dasar perdagangan saham secara real time dan terdapat BID dan Offer yang dapat digunakan untuk alat bantu trading.

BID dan Offer tidak dapat digunakan sebagai acuan satu-satunya dalam pengambilan keputusan trading, dibutuhkan Analisa yang lain. Namun BID dan Offer akan sangat membantu jika anda menggunakan dengan cara yang tepat.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar