Cara Menganalisa Menggunakan Chart Pattern

Cara Menganalisa Menggunakan Chart Pattern

Chart Pattern

Chart Pattern analisis adalah Ilmu classic technical analysis yang menganalisis suatu pola pola grafik harga yang terjadi secara berulang, sehingga dapat digunakan untuk memprediksi kemana arah harga akan bergerak.

Chart pattern merupakan gabungan dari beberapa support dan resistance yang terbentuk, kemudian membentuk sebuah pola yang berulang, jadi chart patten ini adalah bentuk pengembangan dari trend line analysis.

Manfaat Chart Pattern

1. Menentukan Entry point, Target harga, dan stop loss

Untuk mengetahui diharga berapa kita dapat mulai membeli, kemudian harga berapa kita harus merealisasikan profit, kemudian diharga berapa kita harus jual rugi, dapat dianalisa menggunakan chart pattern.

2. Memudahkan mengatur money management

Dengan mengetahui entry point, sebagai trader kita dapat dengan mudah mengatur money management, apakah harus membeli atau menjual secara bertahap atau atau membeli pada satu harga.

3. Teknik yang memiliki tingkat akurasi tinggi

Chart pattern memiliki probability dan tingkat akurasi yang cukup tinggi, dibandingkan dengan kita menggunakan support & resisten seperti biasa, apalagi jika digabungkan dengan teknik lain seperti Fibonacci.

Awal Kemunculan Chart Pattern

Chart pattern akan muncul sendirinya berasal dari pasar itu sendiri yang menggerakkan harga baik ketika kondisi dimana market sedang dalam kondisi strong bullish maupun kondisi strong bearish maupun Sideways. Pada kondisi market ini akan terbentuk pola yang berdurasi sangat beragam dapat terjadi beberapa minggu sampai bulanan yang selanjutnya akan diikuti dengan pergerakan harga ke atas atau ke bawah (Continue / Reversal).

Jenis-Jenis Chart Pattern

1. Pola Berkelanjutan (Continuation Patterns)

Jenis Chart Pattern yang memberikan signal bahwa pergerakan harga akan melanjutkan trend yang sebelumnya. Artinya pola formasi chart ini menunjukkan bahwa terjadi konsolidasi, Buy dan Sell berhenti sejenak sebelum melanjutkan trend sebelumnya. Berikut contoh Pola Berkelanjutan (Continuation Patterns):

  • Bullish pennants dan bearish pennants
  • Falling wedge dan rising wedge
  • Bullish rectangle dan bearish rectangle

2. Pola Pembalikan (Reversal Chart Patterns)

Jenis Chart Pattern yang memberikan signal bahwa, setelah kondisi konsolidasi selesai harga akan mengalami pembalikan arah trend.

Jadi, ketika harga sedang dalam kondisi strong bullish kemudian muncul konsolidasi dan membentuk pola-pola pembalikan (Reversal Chart Patterns) maka selanjutnya harga akan mengalami pembalikan arah trend yaitu terun, dan berlaku sebaliknya, ketika harga dalam kondisi strong bearish kemudia muncul konsolidasi dan membentuk pola-pola pembalikan (Reversal Chart Patterns) maka selanjutnya harga akan mengalami pembalikan arah trend yaitu Naik.

Berikut contoh Pola Pembalikan (Reversal Chart Patterns):

  • Bullish pennants dan bearish pennants
  • Falling wedge dan rising wedge
  • Bullish rectangle dan bearish rectangle

 3. Pola 2 kemungkinan (Bilateral Chart Patterns)

Jenis Chart Pattern yang memberikan signal bahwa, setelah kondisi konsolidasi selesai harga dapat melanjutkan atau mengalami pembalikan arah trend. Misalnya harga sedang dalam kondisi strong bullish kemudian mengalami konsolidasi dan muncul pola bilateral Chart Pattern, maka disini harga dapat melanjutkan kembali trend sebelumnya atau berbalik arah membuat trend baru.

Dalam kasus seperti ini langkah paling bijak yang dapat diambil seorang trader adalah menunggu terlebih dahulu sampai muncul konformasi selanjutnya (wait and see)

Berikut contoh Pola 2 kemungkinan (Bilateral Chart Patterns):

  • Triangle chart patterns
  • Symmetrical chart patterns
  • Ascending chart patterns
  • Descending chart patterns.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar