Cara Trading Menggunakan Flag Chart Pattern

Cara Trading Menggunakan Flag Chart Pattern

Apa itu Flag Chart Pattern?

Flag Chart Pattern atau pola bendera adalah salah satu chart pattern yang masuk dalam kategori Pola Berkelanjutan (Continuation Patterns). Pola formasinya menyerupai bentuk bendera, flag pattern sering terbentuk dan sangat mudah dikenali. Flag Chart Pattern juga memiliki tingkat probabilitas dan akurasi yang cukup tinggi dalam trading.

Flag Chart Patterns terjadi ketika market dalam keadaan konsolidasi, dimana dari sisi pembeli atau penjual sedang menurunkan tensi mereka yang membuat harga mengalami sideways, lalu terbentuk pola yang menyerupai bendera.

Jenis Flag Chart Patterns

Flag Chart Patterns memiliki 2 jenis yaitu :

1. Bullish Flag Pattern

Terjadi ketika Harga sedang dalam trend Bullish kemudian muncul pola konsolidasi berbentuk seperti bendera (flag), kemudian harga menembus trend line (breakout) lalu kemudiah harga kembali mengalami kenaikan meneruskan trend sebelumnya.

2. Bearish Flag Pattern

Terjadi ketika Harga sedang dalam trend Bearish kemudian muncul pola konsolidasi berbentuk seperti bendera (flag), kemudian harga menembus trend line (breakout) lalu kemudiah harga kembali mengalami penurunan meneruskan trend sebelumnya.

Karakteristik Flag Chart Pattern

1. Bentuk Flag Chart Pattern

Flag Chart Pattern memiliki bentuk yang mirip dengan pola Rectrangel akan tetapi Flag Chart Pattern bentuknya lebih simetris. Bentuknya mirip seperti bendera dengan memiliki tiang.

2. Muncul Setelah Trend yang kuat

Sebelum Flag Chart Pattern muncul akan selalu diawali dengan kondisi trend yang kuat bullish trend maupun bearish trend.

3. Channel Flag

Channel Flag adalah bagian yang menyerupai bendera, channel ini arahnya harus berlawanan dengan arah trend, jika trend Bullish maka channelnya harus mengarah sedikit kebawah.

4. Sebagai Support resisten sementara

Dalam Flag Chart Pattern dapat dijadikan sebagai support dan resisten semenara, karena harga akan bertolak ketika menyentuh line Flag Chart Pattern.

Cara Menggunakan Flag Chart Pattern

1. Entry Point

Ketika anda menemui Flag Chart Pattern tunggu sampai harga menembus chanel flag atau biasa disebut breakout.

Setelah harga breakout anda dapat langsung take action atau menunggu hari berikutnya, entry pada candle hari berikutnya.

2. Target Price

Untuk menentukan target price dengan Flag Chart Pattern dapat dilakukan dengan 2 cara.

a. Tiang Bendera

Konsepnya hampir sama dengan pennant pattern dimana kita mengukur target price dengan menggunakan panjang range trend sebelum terjadi Flag Chart Pattern (biasa kita sebut tiang). Panjang trend sebelum Flag Chart Pattern akan menjadi target harga trend lanjutan setelahnya.

b. Menggunakan Fibonacci

Cara yang kedua adalah dengan mengombinasikan dengan teknik Fibonacci. Fibonacci terbukti tepat dalam memprediksi sampai sejauh mana harga akan berjalan. Anda dapat membaca artikel kami yang lain mengenai Fibonacci. Target harga Flag Chart Pattern dengan Fibonacci berada pada level 1.618 pada Fibonacci eksternal retracement.

c. Stop loss

Dalam trading menggunakan Flag Chart Pattern level stop loss berada pada low/high channel flag. Pada bullish flag stop loss terdapat pada low channel, atau batas bawah dari trend line bendera. Sedangkan pada bearish flag stop loss berada pada high channel, atay batas atas dari trend line bendera.

Perhatikan pada gambar:

Catatan:

  1. Sebelum mengambil aksi buy atau short sell menggunakan Flag Chart Pattern pastikan bentuk channel flag (bendera) sudah selesai terbentuk dan menunggu harga melakukan breakout.
  2. Target Price, Dalam menentukan target price anda dapat melakukan discount pada target sebenarnya. Discount kurang lebih 30% untuk mengamankan posisi anda.

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar