Dividen saham

Dividen saham

Dividen saham adalah sisa laba bersih perusahaan yang didistribusikan kepada pemegang saham atas persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (Darmadji dan Fakhruddin, 2001: 127), jadi setelah perusahaan mendapatkan laba maka peggunaan laba tersebut akan diputusakan melalui RUPS, biasanya sebagian laba akan di alokasikan untuk laba ditahan dan sebagian laba akan di alokasikan untuk diberikan kepada para pemegang saham yang disebut dividen.

Dividen biasanya diberikan 1 kali dalam satu tahun (walaupun ada yang lebih dari 1 kali) dan tidak semua emiten memberikan deviden yang dipengaruhi banyak hal, berikut ini beberapa jenis deviden:

  1. Dividen tunai adalah deviden yang paling umum untuk pembagian keuntungan, dibayarkan dalam bentuk uang tunai, dan dikenai pajak pada tahun pengeluarannya. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan agar dapat membayar dividen ini, yaitu Laba ditahan yang mencukupi, Kas yang memadai dan tindakan formal dari dewan komisaris.
  1. Dividen saham adalah deviden pembayaran dalam bentuk saham, Caranya adalah dengan memberikan saham tambahan, dihitung berdasarkan proporsi terhadap jumlah saham yang dimiliki. Contohnya, setiap 100 saham yang dimiliki, dibagikan 5 saham tambahan.
  1. Dividen aktiva selain tunai (property dividend) adalah deviden dalam bentuk aset seperti surat berharga yang diterbitkan Perseroan, barang persediaan atau aktiva lainnya. Pembagian dividen dengan cara ini jarang dilakukan.

 

Cara mendapatkan deviden saham :

1.Pertama, yang harus anda ketahui adalah emiten apa saya yang akan membagikan dividen. Untuk mengetahuinya anda dapat meng-install aplikasi seperti RTI atau melalui web https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/aksi-korporasi/.

2. Kedua, perhatikan tanggal Price, Cum date dan Payment date. Price adalah harga yang diberikan per lembar saham dan Cum date adalah tanggal terakhir di mana anda sebagai pemegang hak saham, Payment date adalah waktu di mana dividen dicairkan dan dibayarkan.

3. Ketiga, yang perlu anda lakukan adalah membeli saham pada saat cum datenya tiba. Pembelian dapat dilakukan pada awal perdangan maupun pertengahan perdagangan mapaun sebelum penutupan perdaganagn sebelum jam perdagangan di tutup.

4. Kempat, bila saham sudah terbeli, maka akan ada pemberitahuan anda termasuk penerima dividen pada tanggal recording date dan dividen anda siap diterima dividen sesuai dengan tanggal payment date.

Hal lain yang perlu diperhatikan dan penting  adalah volatilitas harga, biasanya  saham-saham seperti ini akan naik  beberapa hari sebelum cum-date dan akan langsung turun pada ex-date. Namun terdapat juga saham yang stabil dengan volatilitas harganya, maka rencanakan dengan matang segala sesuatunya dengan risk and reward yang terukur.

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar