Earnings Before Interest Depreciation and Amortization/EBIDA

Earnings Before Interest Depreciation and Amortization/EBIDA


Apa itu Earnings Before Interest Depreciation and Amortization (EBIDA)?

EBIDA adalah sebuah indikator atau alat ukur yang memperhitungkan Laba sebelum bunga, depresiasi dan amortisasi dimana laba ditambah beban bunga, depresiasi, dan amortisasi dan tidak memasukkan unsur biaya pajak atau TAX. EBIDA tidak terlalu dikenal seperti EBITDA yang memasukkan unsur pajak.

Fungsi Earnings Before Interest Depreciation and Amortization (EBIDA)

EBIDA melihat laba sebelum dan sesudah unsur pajak sebagai infomasi terhadap manajemen atau investor yang dapat memperhitungkan nominal besarnya pajak yang dibayar oleh perusahaan terhadap pemerintah.

Informasi tersebut dapat digunakan oleh manajemen untuk lebih menekan biaya pajak yang timbul seperti pengajuan pengurangan pajak atau pengampunan pajak sesuai dengan regulasi dan UU di negara masing – masing.

EBIDA seringkali digunakan sebagai metrik untuk perusahaan yang tidak membayar pajak seperti organisasi nonprofit, foundation(yayasan), lembaga atau badan yang biasanya bersifat kemanusiaan/sosial, organisasi amal, organisasi keagamaan sampai rumah sakit nonprofit.

Rumus Earnings Before Interest Depreciation and Amortization (EBIDA)

EBIDA = Laba bersih + Depresiasi + Amortisasi

Hasil perhitungan EBIDA akan selalu melebihi laba bersih.

 

Kekurangan Earnings Before Interest Depreciation and Amortization (EBIDA)

EBIDA sebagai ukuran pendapatan jarang digunakan oleh perusahaan dan analis karena pada dasarnya membayar pajak adalah suatu kewajiban yang juga harus diperhitungkan. EBIDA juga bukan ukuran standar untuk dibandingkan dan forecast (estimate).

Metrik populer lainnya seperti EBITDA, EBIT dan EBIDA tidak diatur oleh Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum seperti GAAP. Maka matriks yang ditampilkan bisa seusai dengan kebijakan masing – masing perusahaan.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar