EV/EBITDA

EV/EBITDA

Apa itu EV/EBITDA?

EV merupakan singkatan dari Enterprise value yaitu sebuah nilai perusahaan secara keseluruhan, dan EBITDA singkatan dari earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization yaitu laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi, jadi EV/EBITDA adalah sebuah rasio untuk mengetahui nilai atau valuasi sebuah perusahaan dibandingkan dengan profitabilitasnya.

EV/EBITDA (EV to EBITDA) disebut juga sebagai Enterprise Multiple yang masuk kedalam golongan rasio market value atau penilaian pasar. Nilai Enterprise memperhitungkan hutang perusahaan dan tingkat kas di samping harga sahamnya dan menghubungkan nilai tersebut dengan profitabilitas tunai perusahaan.

Fungsi EV/EBITDA

  • Untuk mengetahui valuasi dari sebuah perusahaan
  • Sebagai alat ukur untuk manajemen atau investor dalam mengambil sebuah keputusan terhadap perusahaan.
  • sebagai alat pembanding nilai perusahaan, termasuk hutang, dengan pendapatan tunai perusahaan dikurangi biaya non-tunai dalam industri yang sama.

Rumus EV/EBITDA

Enterprise Multiple (EV/EBITDA) = EV/EBITDA

EV = Kapitalisasi pasar + Total hutang – Kas & Setara kas

EBITDA = Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi & amortisasi.

Cara menghitung EV/EBITDA

Untuk menghitung rasio ini maka terdapat beberapa data yang harus dicari terlebih dahulu antara lain.

Enterprise value

  1. Kapitalisasi pasar yaitu data harga saham dikalikan dengan jumlah saham yang beredar (outstanding shares).
  2. Total hutang atau total liabilitas yaitu jumlah antara hutang lancar dan tidak lancar yang dapat dilihat di laporan neraca.
  3. Kas dan setara kas yang juga terdapat dalam laporan neraca.

EBITDA

Laba bersih perusahaan yang ditambah dengan bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi yang terdapat dalam laporan keuangan laba rugi dan catatannya.

Setelah semua data lengkap masukkan kedalam rumus, misalkan sebuah perusahaan terbuka mempunyai enterprise value sebesar 9,8 Triliun dan EBITDA sebesar 3,2 Triliun, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Enterprise Multiple = EV/EBITDA

Enterprise Multiple = 9,8 triliun / 3,2 Triliun

Enterprise Multiple = 1,5x

Cara menggunakan EV/EBITDA

Sama halnya seperti rasio PER (price-to-earnings), semakin rendah EV/EBITDA maka semakin murah valuasinya dan semakin tinggi semakin premium. EV/EBITDA dapat dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis yaitu dalam industri sektor yang sama dan mulai dapat dilakukan perbandingan.

Kelemahan EV/EBITDA

Nilai EV/EBITDA yang rendah tidak selalu menunjukkan tanda positif, bisa saja nilai EV/EBITDA yang rendah merupakan tanda perusahaan sedang mengalami tren kerugian yang merupakan hal buruk sebagai investasi. EV/EBITDA adalah metrik yang digunakan untuk menemukan target pembelian yang menarik atau murah. Namun investor diharap tetap waspada terhadap ilusi nilai (valuation trap).

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar