Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen

Apa itu Perilaku Konsumen ?

Prilaku konsumen adalah perilaku yang ditampilkan atau dicerminkan oleh konsumen saat mereka mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Kata konsumen berasal dari bahasa inggris yaitu consumer yang secara harfiah consumer adalah setiap orang yang menggunakan barang dan jasa.

Fungsi mempelajari perilaku konsumen

Fungsi utama dalam mempelajari perilaku konsumen adalah untuk memberikan keuntungan yang optimal dalam operational sebuah perusahaan. Dalam hal ini konsumen akan mencari barang yang dibutuhkan, diinginkan kemudian membelinya dan lalu menggunakan barang ataupun jasa tersebut untuk memenuhi keinginan yang mereka inginkan, kemudian mereka akan memberikan evaluasi dan menghabiskan barang atau jasa yang telah mereka gunakan.

Dengan begitu evaluasi yang telah dikeluarkan oleh konsumen akan sampai ke pihak produsen, sehingga dapat menjadi saran bagi produsen untuk memperbaiki produknya agar sesuai dengan yang diharapkan oleh konsumen. Oleh karena itu sangatlah penting mempelajari perilaku konsumen bagi produsen.

Tujuan utama dari keberadaan suatu perusahaan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Apabila perusahaan mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan baik dan cepat dibandingkan dengan pesaingnya, maka kesuksesan dalam mencapai profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan akan sangat mudah dicapai.

Jenis – jenis perilaku konsumen

Dalam mempelajari perilaku konsumen perlu diketahui sifat-sifat konsumen. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumen Pengambil Keputusan

Tipe konsumen ini telah mengetahui apa yang dinginkan dan dibutuhkannya dan pihak produsen atau perusahaan harus mampu menyediakannya.

2. Konsumen yang Seolah Serba Tahu

Merupakan tipe konsumen yang seolah-olah mengetahui segalanya tentang produk, dialah yang bercerita kepada perusahaan, meskipun yang diceritakan tidak seluruhnya benar tetapi perusahaan tidak perlu membantahnya.

3. Konsumen yang Menghendaki Fakta

Tipe konsumen ini membutuhkan waktu yang lama untuk mempertimbangkan pembeliannya. Dalam menghadapi tipe ini, perusahaan hanya perlu memberikan penjelasan tentang konstruksi dan cara-cara penggunaan produk yang akan dibelinya.

4. Konsumen Sukar Mengambil Keputusan

Tipe konsumen yang sukar mengambil keputusan biasanya ia sukar dalam menentukan ukuran dan warna dari barang yang akan dibelinya. Untuk menghadapi tipe semacam ini adalah dengan berusaha membantu konsumen dalam mengambil keputusan mencoba menentukan apa yang sebenarnya dibutuhkan konsumen tersebut.

5. Konsumen yang Aktif Berbicara

Pada tipe ini konsumen bersifat senang mengobrol, tetapi tidak mengarah kepada pembelian. Untuk menghadapi konsumen seperti ini produsen bisa melayani obrolan tersebut dan mengarahkan pembicaraan sedikit demi sedikit ke arah pembelian.

6. Konsumen yang Grogi

Konsumen tipe ini biasanya agak canggung dan merasa takut kalau kekurangan pengetahuannya tentang suatu produk menjadi nyata jika ia bertanya-tanya. Dalam menghadapi konsumen dengan tipe ini adalah dengan menunjukkan kesan bahwa konsumen tidak mengetahui apa-apa tentang suatu produk.

7. Konsumen Mengambil Keputusan Namun Salah.

Konsumen tipe ini biasanya mendatangi sebuah perusahaan dengan telah memiliki keputusan tertentu, namun menurut perusahaan pilihan konsumen tersebut tidak sesuai dengan maksud penggunanya, sehingga perusahaan perlu memberi koreksi kepada konsumen tersebut. Untuk menghadapi konsumen semacam ini pihak perusahaan cukup menawarkan penggunaan dan manfaat dari produk tersebut dan produk yang seharusnya dibeli.

8. Konsumen yang Menyukai Diskon

Hampir semua konsumen menyukai diskon, pada tipe ini konsumen cenderung menghendaki potongan harga dari barang yang dibelinya. Cara menghadapinya adalah dengan menginformasikan bulan-bulan tertentu yang ada diskonnya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar