Recovery Factor

Recovery Factor

Apa itu Recovery Factor?

Recovery Factor adalah suatu indikator performa trading atau investasi yang mengukur tingkat kemampuan suatu investasi/trading untuk pulih dari kerugian maksimum (max drawdown) yang telah dibuat sebelumnya. Indikator recovery factor biasanya disajikan dalam persentase maupun poin.

Fungsi Recovery Factor

Tentu dalam sebuah trading maupun investasi terdapat kesalahan – kesalahan yang pernah dialami yang mengakibatkan nilai kerugian (Max drawdown). Dari kesalahan tersebut tentunya kita ingin melihat seberapa cepat keuntungan akan memulihkan kerugian tersebut.

Disinilah Recovery Factor berfungsi yang menunjukkan seberapa cepat sistem memulihkan profitabilitasnya setelah penurunan. Tentunya semakin cepat pulih maka semakin baik sistem atau trading plan suatu trading/investasi tersebut.

Rumus Recovery Factor

Recovery factor = Net profit / Maximum drawdown

Cara menghitung Recovery Factor

Misalkan dalam historical performa sebuah investasi/trading selama setahun dengan modal sebesar Rp 100juta mendapatkan keuntungan sebesar Rp20juta dan pernah mengalami Maximum drawdown sebesar Rp10juta, maka perhitungannya adalah:

Recovery factor = Net profit / Maximum drawdown

Recovery factor = Rp20juta/Rp10juta

Recovery factor = 2.

Parameter Recovery Factor

Semakin tinggi recovery factor maka semakin baik karena semakin cepat perdagangan pulih dari kerugian. Jika membandingkan 2 performa investasi/trading yang memiliki faktor pemulihan lebih kecil akan lebih buruk dan yang memiliki profit factor lebih tinggi maka lebih baik.

Hal ini disebabkan karena misal saham A telah menghasilkan 150% dengan penurunan maksimal 50% maka recovery factor adalah 3. Dan saham B telah memberi profit 50% dengan penurunan maksimal 10% maka recovery factor sama dengan

Walaupun profit saham A lebih besar namun dari segi recovery factor lebih baik pada saham B, Hal ini disebabkan untuk kembali ke profit akan lebih cepat di saham B.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar