Risiko Terbesar Main Saham

Risiko Terbesar Main Saham

Pada tulisan ini dibuat dengan bahasa tidak formal agar lebih mudah dipahami dengan judul “main” saham karena yang dikenal oleh masyarakat adalah main terlepas itu beli atau berinvestasi atau berdagang dll.

Tulisan ini ditujukan kepada anda para pemula yang berniat investasi atau trading saham atau juga kurang dari 3 tahun di dunia investasi saham.

Tentang kami

Team kami adalah profesional pasar modal yang artinya berpengalaman dan bekerja tahunan sebagai dealer, pernah juga menjadi salles equity di sekuritas dengan sertifikasi WPPE yang disahkan OJK.

Team kami juga pernah bekerja sebagai underwriter tentunya dengan sertifikasi WPEE yang disahkan OJK dengan keahlian analisa uji menyeluruh dari aspek bisnis, keuangan, dapat membuat dan menyajikan laporan keuangan, analisa dan menghitung ratio, membuat equity research, IPO advisory, corporate restructuring sampai perhitungan valuasi dari metode kuantitatif dan kualitatif semua model bahkan perusahaan startup dengan mortality rate yang sangat tinggi.

Team juga mengelola dana private dengan portfolio VERY HIGH RISK yang mengalahkan return rata – rata IHSG dengan quantitative modeling.

Tentang anda

Kami coba menebak anda, anda adalah seorang yang tidak lama dibawah 3 tahun masuk bursa saham dengan berbekal informasi yang didapat dari media yang kemudian membuat anda tertarik untuk bermain saham.

Anda mulai mencari informasi – informasi tentang saham, membaca, mengikuti influencer dan tokoh saham mengikuti seminar dan workshop untuk lebih tau tentang saham. Anda menemukan orang yang sukses di saham seperti Warrant Buffet berharap anda dapat seperti dia dan mulai berencana untuk membuat akun saham dan segera membeli saham.

Anda bisa mati main saham

SAHAM ITU BERISIKO! Meskipun saya tegaskan tentang risiko, risiko, risiko anda tidak akan sepenuhnya menangkap karena anda juga masih kurang paham tentang risiko. Pemula mendengar kata risiko itu berbeda nuansanya dengan yang sudah lebih dari 5 tahun mendengar kata risiko.

Risiko terbesar main saham apa? ANDA BISA MATI, saya tidak berusaha menakut nakuti ini sudah terjadi dan menjadi fakta yang ditetapkan oleh kepolisian bahwa kasus bunuh diri yang pernah terjadi juga disebabkan karena depresi main saham.

Bukti:

  1. https://metro.sindonews.com/read/372724/170/korban-bunuh-diri-di-apartemen-ambassador-diduga-depresi-main-saham-1616407398
  2. https://www.inews.id/finance/bisnis/mahasiswa-bunuh-diri-gara-gara-rugi-saham-rp10-miliar-robinhood-perkuat-edukasi

Anda bisa mencari banyak bukti lain di masa lampau, atas dasar inilah penulis tergerak untuk sekiranya dapat memberikan nasehat bagi para pemula karena hal ini merupakan kewajiban bersama.

Bagaimana supaya tidak mati?

Mari kita urai pelan – pelan, yang pertama kasus diatas disebabkan karena depresi dan stress dan tekanan dan pesimisme dan kecewa dll yang membuat orang untuk berfikir tidak ada gunanya hidup lagi.

Misalkan Uang yang selama ini ditabung dan dikumpulkan untuk sebuah harapan maka tiba – tiba hilang, manusia tanpa harapan bisa bunuh diri atau membunuh orang. Maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar anda tidak kehilangan harapan?, bagaimana anda supaya tidak depresi ?

Bagaimana anda supaya tidak depresi?

Jangan terlalu menaruh harapan besar, jangan terlalu over optimis. Saya tahu anda adalah seorang yang merasa exceptional, merasa pinilih, merasa spesial, merasa paling hebat dimuka bumi ini dan merasa bisa seperti Warrant Buffet bukan? jawabannya TIDAK, ANDA JANGAN NAIF.

Hal tersebut merupakan BIAS yang terjadi, ada banyak bias kehidupan dan jenisnya anda dapat pelajari namun beberapa BIAS adalah bias kesuksesan. Banyak sekali orang yang gagal dalam saham, usaha, dalam bisnis namun tidak terlihat tidak terhitung dan kalah dengan yang hanya 1 orang seperti warrant buffet. Kenapa anda tidak mencari yang gagal dalam saham? kenapa anda tidak adil dalam melihat sesuatu?

Tapi bukankah kita harus optimis? Benar jadilah optimis yang berakal, selalu pesimis dalam keoptimisan agar menjadikan kita manusia yang waspada yang selalu teliti dalam melihat segala hal.

Depresi yang terjadi tersebut datang karena KETIDAKSESUAIAN EKSPEKTASI YANG DIHARAPKAN. Harapan anda untung, untung, kaya dalam saham lalu berbanding terbalik dengan rugi, rugi, habis modal. Karena dalam saham pasti anda mengalami kerugian. Saya ulangi PASTI RUGI.

Bagaimana supaya tidak rugi?

Jawabannya adalah tidak mungkin. Apa yang salah dalam membuat rugi? apa yang salah dalam membuat kesalahan?, bagaimana orang sukses tanpa membuat kesalahan? Bagaimana orang pandai tanpa membuat kebodohan dan belajar dari hal tersebut?

Tidak ada orang yang berniat salah dari awal, manusia selalu berusaha membuat yang terbaik. Namun kesalahan dan kegagalan pasti dijumpai. Tidak ada yang salah dalam kegagalan karena kegagalan tersebut kita belajar.  Mari kita jujur kegagalan adalah kesuksesan yang tidak terjadi bukan yang tertunda. Karena kita membutuhkan kegagalan tersebut untuk memperbaiki diri dan belajar.

Maka rugi itu boleh dan sah sah saja asalkan kerugian tersebut SEKECIL MUNGKIN

Bagaimana rugi bisa sangat kecil?

Karena pemula sudah pasti mengalami kerugian, maka kerugian tersebut harus sekecil mungkin dengan cara:

1. Gunakan uang simulasi/paper trading

Tidak usah mendengarkan pakar yang mengatakan “kurang greget” jika menggunakan uang simulasi. Uang yang dipakai adalah uang anda sendiri, uang kerja keras sendiri bukan uang mereka. Gunakan opini pribadi anda sendiri menyangkut uang anda sendiri.

Berlatihlah cukup lama di simulasi ini sampai anda benar – benar siap. Tanamkan pada diri anda lebih baik saya belajar sampai paham ketimbang langsung nyebur dan rugi besar. Anda tidak perlu kuatir tidak segera mendapatkan untung. Saya pernah melihat porotoflio pemain lama terkenal, penulis buku di dunia saham namun portofolionya hancur semua.

2. Belajar

Kenapa orang yang sukses itu sedikit? karena sukses itu berat terutama berkaitan dengan belajar dan hal – hal yang tidak menyenangkan lainnya. Anda bisa membuktikan sendiri bagaimana orang brtah bersosial media berjam – jam ketimbang belajar matematika.

KALAU ANDA TIDAK SUKA BELAJAR MAKA HENTIKAN NIAT ANDA BERMAIN SAHAM SAAT INI JUGA. Orang seperti Warren Buffet, George Soros, Jim Simon adalah seorang dengan pendidikan yang tinggi. Warren Buffet adalah seorang MBA dan beberapa adalah seorang profesor dengan puncak tertinggi di dunia pendidikan.

Anda diharapkan sebelum main saham anda sudah memiliki hal dibawah ini:

  1. Anda tidak berniat kaya dari saham
  2. Anda orang yang logic dan realistis dan tidak suka membohongi diri sendiri (naif)
  3. Dapat membaca laporan keuangan (paling dasar)
  4. Dapat memberikan intrepertasi atau analisa terhadap laporan keuangan dan bisnis perusahaan.
  5. Anda dapat membuktikan hubungan antara harga saham dengan performa perusahaan yang artinya anda diwajibkan suka meriset.
  6. Memiliki win rate dan payoff yang bagus dari simulasi (paper trading) jika berniat trading.

3. Gunakan modal sangat kecil

Jangan gunakan modal lebih dari 1% terhadap total kekayaan anda jika anda pemula. 1 % ini pun jika anda rela hilang seluruhnya. Misalkan seluruh uang and 100juta maka gunakan 1juta untuk main saham dan anda rela kehilangan uang 1juta tersebut. Jika anda tidak rela maka perkecil lagi porsinya.

 4. Percayalah terhadap logika anda

Jika anda sudah masuk kedalam grup -grup saham maka percayalah mereka tidak jauh sama dengan anda. Merekomendasi mempengaruhi namun tidak ada tanggung jawab dalam rekomendasi tersebut.

Anda tidak melihat hal yang kami lihat namun beberapa pakar dan influencer terkenal yang menulis bukupun sahamnya masih mengalami kerugian atau loss. Maka percayalah terhadap proses anda sendiri bukan orang lain.

5. Beginners Luck

Mendapatkan untung pada awal – awal? Kami mengalami semua hal itu dan bahkan semua pemain mengalami untung diawal. Jangan pernah anggap keuntungan tersebut skill anda yang jelas 99,99% itu adalah LUCK.

Dari semua saran diatas kami berharap diingat betul bagi anda para pemula, kami berharap depresi dan stress tidak akan terlalu besar sehingga tidak menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan.

 

Tag: Bunuh diri gara - gara saham, risiko saham,

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar