Risk Reward Ratio/RRR

Risk Reward Ratio/RRR

Apa itu Risk Reward Ratio (RRR)?

Risk Reward Ratio (RRR) adalah sebuah indikator untuk mengukur perbandingan antara berapa jumlah kerugian dan keuntungan yang di dapatkan saat melakukan sebuah trading atau pembelian investasi.

Ilustrasi adalah seperti halnya rasio besar antara bola tenis dengan bola kaki adalah 7:1 (7 bola tenis hampir setara dengan 1 bola kaki), maka dalam trading Risk Reward Ratio (RRR) digunakan dengan ilustrasi Jika setiap trading anda menetapkan akan loss (rugi) Rp 1juta dan keuntungan (profit) Rp 2juta, maka Risk Reward Ratio (RRR) adalah 1:2 atau Jika setiap trading anda menetapkan akan loss 4juta dan profit hanya 1juta, maka Risk Reward Ratio (RRR) 4:1.

Fungsi Risk Reward Ratio (RRR)

Risk Reward Ratio (RRR) berfungsi untuk mengukur seberapa profitable performa seorang trader maupun investor dengan strategy yang dimilikinya. Trader biasanya menggunakan pendekatan ini untuk merencanakan taktik trading mana yang terbaik.

Biasanya trader menggunakan winrate dalam trading yang kurang relevan dan tidak mencerminkan performa seluruhnya. Banyak trader terlalu menekankan pada winrate dan tidak mengerti bahwa winrate memiliki kekurangan. Dalam hal ini maka keunggulan dari Risk Reward Ratio (RRR) ada untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Winrate dengan 80% atau bahkan winrate 90% tidak dapat mengukur jika sedikit atau bahkan 1 kekalahan atau loss dapat memusnahkan atau menggerus (wipe-out) seluruh keuntungan yang didapat.

Di sisi lain mungkin dengan winrate 50%, 40% atau hanya 20% jika dalam 1 trading memberikan keuntungan yang amat besar dan bisa menghapus semua rugi maka strategi tersebut dapat diterima, kendati demikian gabungan Risk Reward Ratio (RRR) dan winrate yang baik akan lebih baik lagi.

Cara menghitung Risk Reward Ratio (RRR)

Risk Reward Ratio (RRR) mengukur jarak dari entri (beli) ke stop loss dan order take profit (jual) lalu membandingkan kedua jarak tersebut.

Rumus:

RRR = (Take Profit – Entry) / (Entry – Stop loss)

Misalkan jarak antara entri (beli) dan stop loss Anda adalah 50 poin dan jarak antara entri dan take profit Anda adalah 100 poin.

Maka Risk Reward Ratio adalah 2: 1 karena 100/50 = 2.

Parameter rasio risk reward

Risk Reward Ratio yang ideal dapat diterima pada angka 1: 3, atau tiga unit pengembalian yang diharapkan untuk setiap satu unit risiko tambahan.

Win rate dimana yang memiliki arti berapa persentase kemenangan dari strategi yang anda gunakan dapat digunakan sebagai indikator tambahan dalam memperhitungkan Risk Reward Ratio.

Tabel tersebut menunjukkan hubungan antara winrate dengan RRR. Perhatikan baris risk reward 2: 1, terlihat dalam tabel perlu tingkat kemenangan sebesar 33% saja. Artinya misalkan anda trading sebanyak 100 kali dan memiliki rasio 2: 1, maka trading dengan winrate 33% masih dapat impas.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar