Saham seri A atau saham prefren

Saham seri A atau saham prefren

Apa itu saham preferen?

Saham seri A atau saham prefren adalah jenis saham  yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa.  Pemegang saham preferen memiliki prioritas lebih di atas pemegang saham biasa (common stock) dalam hal dividen, yang umumnya menghasilkan lebih dari saham biasa dan dapat dibayar bulanan atau kuartalan. Saham preferen juga diperjual belikan di pasar modal yang biasanya memiliki 5 kode huruf.

Ciri - ciri saham preferen

Tidak seperti pemegang saham biasa atau common stock, pemegang saham preferen memiliki hak terbatasseperti pemungutan suara untuk keputusan manajmen. Dividen ini dapat ditetapkan dalam suku bunga acuan seperti LIBOR. Saham preferen dengan dengan suku bunga tidak tetap atau mengambang  dapat yang mempengaruhi hasil dividen.

Pemegang saham preferen memiliki klaim atas aset perusahaan jika dilikuidasi, meskipun tetap berada di bawah pemegang obligasi. Saham preferen adalah ekuitas, tetapi dalam banyak hal, mereka adalah aset hibrid yang terletak di antara saham dan obligasi.

Konversi saham preferen

Beberapa saham preferen dapat dikonversi artinya saham tersebut dapat ditukar dengan sejumlah saham biasa dalam keadaan tertentu.  Dewan direksi mungkin memilih untuk mengonversi saham, investor mungkin memiliki opsi untuk mengkonversikan juga , atau saham mungkin memiliki tanggal yang ditentukan di mana ia secara otomatis dikonversikan.

Jenis saham itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu saham biasa atau seham seri B dan saham preferen atau seri A.

Jenis saham preferen

Saham preferen mempunyai 3 jenis antara lain:

1. Cummulative Prefered Stock

Keunikan saham preferen jenis ini adalah pemrioritasan kepada pemiliknya untuk mendapat akumulasi deviden apabila pada tahun sebelumnya emiten tidak memberikan deviden.

2. Non Cummulative Prefered Stock

Keunikan saham preferen jenis ini adalah pemrioritasan kepada pemiliknya dengan persentase tertentu atas pembagian deviden. Namun kerugian Non Cummulative Prefered Stock adalah tidak ada akumulasi deviden apabila pada tahun sebelumnya emiten tidak memberikan deviden.

3. Participating Prefered Stock

Keunikan saham preferen jenis ini adalah pembagian deviden dapat melebihi deviden biasa. Pemegang saham ini akan mendapat deviden ekstra yang dibayarkan perusahan emisi.

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar