Tax Avoidance atau Penghindaran pajak

Tax Avoidance atau Penghindaran pajak


Apa itu Tax Avoidance ?

Tax Avoidance atau penghindaran pajak adalah salah satu cara untuk menghindari pajak dengan tujuan agar meminimalkan beban pajak, dalam sebuah badan usaha Tax Avoidance adalah upaya efisiensi beban pajak yang dipungut, dengan cara menghindarinya melalui transaksi yang bersifat bukan objek atau  dengan memanfaatkan kelemahan dan celah hukum perpajakan suatu negara. Penghindaran pajak sudah biasa sering dilakukan oleh wajib pajak namun, secara tidak langusng tindakan tersebut akan merugikan negara.

Tujuan Penarikan Pajak

Tujuan penarikan pajak oleh negara dari masyarakat adalah agar negara mendapatkan pemasukan dari pajak sebesar – besarnya, lalu digunakan untuk pembangunan, kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Legalitas Tax Avoidance     

Sebagai Wajib pajak, banyak masyarakat yang tidak taat dengan kewajiban pajaknya yaitu dengan cara seperti menghambat atau mempersulit pemungutan pajak dan dengan memanfaatkan celah hukum dari undang – undang perpajakan. Tax Avoidance atau penghindaran pajak adalah  legal, tindakan tersebut tidak melanggar isi undang – undang namun, sangat merugikan untuk penerimaan negara dari sektor pajak.

Legalitas Tax Avoidance Menurut Ahli

James Kessler membagi Tax Avoidance menjadi 2 bagian, yaitu :

1. Penghindaran pajak yang boleh dilakukan, penghindaran pajak yang diperbolehkan ini mempunyai tujuan yang baik, bukan digunakan untuk menghindari pajak, dan tidak melakukan transaksi palsu.

2. Penghindaran pajak yang tidak diperbolehkan, yaitu penghindaran pajak yang mempunyai tujuan yang tidak baik, bermaksud untuk melakukan penghindaran pajak, dan melakukan transaksi palsu. 

Cara penghindaran pajak yang sering dilakukan

1. Pinjaman ke Bank dengan nominal yang besar

Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang- Undang Pajak Penghasilan memasukkan bunga menjadi biaya yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan kegiatan usaha, sehingga semakin besar biaya bunga maka akan mengurangi penghasilan.

Wajib pajak meminjam ke bank dengan nominal yang besar sehingga bunga pinjaman juga besar, bunga pinjaman ini dibebankan dalam laporan keuangan  wajib pajak, tetapi pinjaman tersebut bukan untuk menambah modal wajib pajak lalu penjualan tidak berkembang dan membuat keuntungan  tidak bertambah sehingga pajak yang dibayarkan akan lebih kecil.

2. Pemberian Natura dan Kenikmatan

Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kelemahan pasal 6 ayat 1 huruf B undang – undang perpajakan.

Contohnya pegawai diberi tunjangan beras (natura) di daerah yang bukan daerah tertentu dalam bentuk beras utuh namun, perusahaan akan  mencari cara agar pemberian natura tersebut dapat dilakukan dengan cara memberi tunjangan beras dalam bentuk uang. Praktik ini sebenarnya tidak boleh dibiayakan dalam laporan keuangan fiskal perusahaan karena beras tersebut bukan merupakan penghasilan bagi karyawannya.  

Bagi karyawan tunjangan tersebut merupakan penghasilan yang menjadi objek pajak sedangkan bagi perusahaan tunjangan tersebut merupakan beban yang dapat dibiayakan dalam laporan keuangan fiskal sehingga, beban pemberian Natura ini dapat mengurangi penghasilan perusahaan dan mengurangi pembayaran pajak.

3. Hibah

Hibah yang terdapat dalam Pasal 4 ayat (3) huruf a angka 2 UU No.36 tahun 2008 mengatur bahwa harta hibahan yang diterima oleh keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat dikecualikan dari objek Pajak. Harta hibahan seperti tanah dan bangunan yang diberikan oleh kakek kepada cucunya merupakan objek pajak karena harta hibahan yang diterima bukan dalam garis keturunan lurus satu derajat.

Wajib pajak seperti kakek tersebut mencari celah agar tidak dikenakan PPh dengan cara memberi harta hibahan ke Tn. A yang merupakan anak dari sang kakek, kemudian harta yang secara sah sudah menjadi milik Tn. A diberikan lagi ke Tn. B yang merupakan anak dari Tn. A (cucu sang kakek).

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

 

 

 

           

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar