Teori Portofolio

Teori Portofolio

Pengertian portofolio

Portofolio adalah kumpulan dari beberapa aset (sekuritas) yang dimiliki oleh investor.

Fungsi Pembentukan Portofolio

Pembentukan portofolio berfungsi untuk investor tidak hanya melakukan investasi hanya pada sekuritas saja, tetapi juga berinvestasi pada beberapa sekuritas untuk mengurangi risiko yang akan ditanggung investor dan memperoleh return sesuai dengan harapan investor tersebut.

Dengan disusunnya sebuah portofolio, investor berharap bahwa tingkat pendapatan yang diperolehnya akan optimal dengan tingkat risiko yang diterima dengan memecah risiko tersebut ke dalam beberapa aset.

Sejarah Teori Portofolio

Pada tahun 1952 Harry M. Markowitz menemukan sebuah teori yang digunakan untuk pembentukan portofolio yang disebut dengan teori portofolio Markowitz. Teori Markowitz menggunakan beberapa pengukuran statistik dasar untuk mengembangkan suatu portofolio, diantaranya expected return, standar deviasi dan korelasi antar return.

Teori ini menunjukkan unsur return dan risiko, dalam suatu investasi dimana unsur risiko dapat diminimalisir melalui diversifikasi dan mengkombinasikan berbagai instrumen investasi dalam portofolio.

Teori Portofolio Markowitz

Teori Portofolio Markowitz disebut juga sebagai Mean-Varian Model, yang menekankan pada usaha memaksimalkan ekspektasi return (mean) dan meminimalisir ketidakpastian/risiko (varian) untuk memilih dan menyusun portofolio optimal.

Dalam teori portofolio dikenal konsep portofolio efisien dan portofolio optimal. Portofolio efisien adalah portofolio yang meyediakan return tertentu bagi investor dengan risiko minimal atau menawarkan pada kondisi yang sama tingkat return maksimal, sedangkan portofolio optimal adalah portofolio yang dipilih investor dari sekian banyak pilihan yang ada pada portofolio efisien.

Cara mengukur portofolio model Markowitz

1. Menghitung tingkat Return saham individual

Return saham adalah tingkat pengembalian yang didapat melalui sejumlah investasi pada saham individual. Rumusnya adalah:

Return saham =  (Harga saham individu akhir periode t - Harga saham individu awal periode t)/ Harga saham individu awal periode t

2. Menghitung Expected Return dari saham individual

Expected Return adalah keuntungan yang diharapkan dari sebuah aset (saham) masing – masing.

3. Menghitung risiko dari tiap-tiap saham secara individual

Menghitung Risiko investasi tiap perusahaan. Ukuran penyebaran ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh kemungkinan nilai yang akan kita peroleh menyimpang dari nilai yang diharapkan.

4. Menghitung Return pasar

Return pasar adalah tingkat pengembalian yang didapat melalui investasi pada seluruh saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.

5. Menghitung Ekspektasi Return Pasar

Ekspektasi return pasar adalah return yang diharapkan oleh investor dapat dihasilkan oleh pasar.

6. Menghitung Risiko Pasar

Risiko pasar adalah selisih antara ekspektasi return pasar dengan return pasar.

7. Menghitung Kovarians antara return saham dan return pasar

Dalam menghitung kovarians antara return saham individual dan return pasar yang mencerminkan hubungan antara return saham individual dengan return pasar.

8. Menghitung alpha dan beta dari masing-masing saham

Beta merupakan koefisien yang mengukur pengaruh return pasar terhadap perubahan yang terjadi pada return saham. Beta digunakan untuk menghitung Excess Return to Beta dan beta juga diperlukan untuk menghitung Cutt-off Point.

9. Menghitung total risiko dari varians kesalahan residual

10. Menghitung Excess Return to Beta

Nilai Excess Return to Beta diperlukan sebagai dasar penentuan saham yang menjadi kandidat portofolio. Nilai Excess Return to Beta yang diperoleh diurutkan dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil. Saham-saham dengan nilai Excess Return to Beta di titik C* merupakan kandidat portofolio optimal.

Excess Return to Beta digunakan untuk mengukur return saham relative terhadap satu unit risiko yang tidak dapat didiversifikasikan yang diukur dengan Beta. Excess Return to Beta menunjukkan hubungan antara return dan risiko yang merupakan faktor penentu dalam investasi.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar