Beneficial Owner

Beneficial Owner

Apa itu Beneficial Owner ?

Beneficial Owner adalah orang yang menikmati manfaat dari sebuah  kepemilikan aset meskipun hak atas suatu bentuk aset tersebut menggunakan nama orang lain. Beneficial Owner berasal dari kata Beneficial yang artinya manfaat dan Owner yang berarti pemilik.

Beneficial Owner merupakan sebuah hak setiap individu atau kelompok individu yang secara langsung maupun tidak langsung untuk menerika limpahan sebuah aset dari seseorang yang telah dipilih dan ditentukan oleh orang tersebut. Misalkan ayah yang memberikan hak Beneficial Owner kepada anaknya atau persentase kekuasaan untuk memilih atau mempengaruhi keputusan transaksi mengenai keamanan tertentu, seperti saham dalam perusahaan

Sejarah Beneficial Ownership

Beneficial Owner dikenalkan pertama kali dalam English Trust Law, dalam hukum Inggris tersebut, Beneficial Owner didefinisikan sebagai pihak yang memenuhi kriteria sebagai pemilik tanpa adanya keharusan pengakuan kepemilikan dari sudut pandang hukum (legal title).

Konsep Beneficial Ownership di Indonesia

Di Indonesia hak kepemilikan atas kebendaan dibuktikan dengan pembuktian hukum, untuk kepemilikan benda-benda yang diwajibkan pendaftarannya, semuanya akan hanya dilihat berdasarkan kepemilikan yang sesuai dengan data yang tercantum pada dokumen-dokumen kepemilikan, karena pada hakikatnya konsep kepemilikan benda hanya dilihat dari pendaftar resmi misalkan pada kebendaan atau rumah.

Kelebihan Beneficial Ownership

Beneficial Owner memberikan kemudahan memiliki hak untuk menikmati suatu kekayaan dan hasil yang timbul dari kekayaan tersebut dan dapat dengan bebas menggunakan kekayaan yang dikuasainya, memiliki kontrol, dan menanggung risiko atas kekayaan yang dikuasainya.

Maka Beneficial ownership yang kita miliki akan dapat dikelola tanpa harus kita yang mengelola secara langsung melainkan diolah oleh pihak lain, hal ini sangat bermanfaat sebagai salah satu bentuk pengolahan properti atau aset secara produktif tanpa pemilik sebenarnya harus mengelola secara langsung aset atau properti tersebut.

Beneficial Ownership didalam Sektor Investasi

Di Indonesia terkenal istilah nominee dalam investasi yang dilarang melalui Undang-Undang No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Pasal 33, pemerintah melarang adanya praktik nominee dalam investasi asing. Tujuannya untuk menghindari terjadinya perseroan yang secara normatif dimiliki seseorang tetapi secara materi atau substansi pemilik perseroan tersebut adalah orang lain.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (“UUPM”). Pasal 33 ayat (1) UUPM melarang penanam modal dalam negeri dan penanam modal asing untuk membuat perjanjian dan/atau pernyataan yang menegaskan bahwa kepemilikan saham dalam perseroan terbatas untuk dan atas nama orang lain.

Beneficial Ownership didalam Sektor Pasar Modal

Di dalam sektor pasar modal sudah terdapat pengaturan mengenai definisi Beneficial Owner dan pengawasan transparansinya, yaitu di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 22/POJK.04/2014 Tentang Prinsip Mengenal Nasabah Oleh Penyedia Jasa Keuangan Di Sektor Pasar Modal.

Beneficial Ownership didalam Sektor Perpajakan

Ketentuan Beneficial Owner di dalam sektor ini diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor : Per - 25/PJ/2010, Perubahan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-62/PJ/2009 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda, ketentuan tentang beneficial owner dibuat sebenarnya dalam rangka pencegahan penyalahgunaan P3B di mana jika penerima penghasilan bukan Beneficial Owner maka ketentuan P3B tidak dapat diterapkan.

Beneficial Ownership didalam Sektor Keuangan

Pengaturan mengenai Beneficial Owner di sektor keuangan ditemukan pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/27/PBI/2012 Tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum Peraturan Menteri Keuangan Nomor 30/PMK.010/2010 Tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Bagi Lembaga Keuangan Non Bank, Pasal 1 Butir 7, definisi disini sudah sesuai pula dengan ketentuan internasional, disini dijelaskan pula metode transparansinya melalui customer due diligence yang dijelaskan di dalam pasal 8,9,10,11,13 dan 14.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar