Bernie Madoff

Bernie Madoff

Siapa itu Bernie Madoff ?

Bernard Lawrence Bernie Madoff adalah seorang manajer keuangan asal Amerika yang melakukan skema Ponzi terbesar dalam sejarah, menipu ribuan investor hingga puluhan miliar dolar selama kurang lebih 17 tahun, Bernie juga pionir dalam perdagangan elektronik dan ketua Nasdaq di awal 1990-an. 

Bernie meninggal di penjara pada 14 April 2021 saat menjalani hukuman dengan dakwaan 150 tahun dan denda $170 Miliar karena pencucian uang, penipuan aset keuangan dan beberapa tindak pidana kejahatan lainnya.

Biografi singkat Bernie Madoff

Bernie Madoff lahir di Queens, New York, pada 29 April 1938. Pada tahun 1960 Bernie memulai perusahaannya yang bernama Bernard L. Madoff Investment Securities LLC di usia 22 tahun.

Pada awalnya Bernie memperdagangkan saham penny dengan modal $ 5.000 (senilai sekitar $ 41.000 pada tahun 2017) yang didapatkannya dari pemasangan alat penyiram dan bekerja sebagai penjaga pantai, lalu Bernie mengajak teman keluarga dan orang lain untuk berinvestasi bersamanya. Ketika saham Kennedy Slide turun 20% pada tahun 1962, investasi Madoff memburuk dan ayah mertuanya harus membantu membayar kerugiannya.

Kesuksesan madoff terjadi ketika dia dan saudaranya Peter mulai membangun kapabilitas perdagangan elektronik yang menarik arus pesanan besar-besaran dan meningkatkan bisnis dengan memberikan wawasan tentang aktivitas pasar.

Bernie dan empat rekan Wall Street nya memproses setengah dari arus pesanan Bursa Efek New York  secara kontroversial dan pada akhir 1980-an, Madoff menghasilkan sekitar $ 100 juta setahun. Bahkan Bernie Madoff menjabat ketua Nasdaq pada tahun 1990 dan juga menjabat pada tahun 1991 dan 1993.

Modus Bernie Madoff

Madoff membujuk klien dengan memperlihatkan Return investasi yang sangat tinggi, padahal dia hanya menyimpan dana investor di sebuah rekening Bank di Chase Manhattan Bank. Menurut perkiraan, Bank tersebut juga telah menghasilkan sebanyak $ 483 juta dari simpanan Bernie, jadi bank cenderung tidak menanyakan dana tersebut ke Bernie.

Bernie membangun reputasi sebagai ahli manager investasi, dia juga membangun citra eksklusif dengan cara awalnya dia akan menolak klien yang ingin berinvestasi di perusahaanya namun akhirnya dia mendapatkan nilai investasi yang lebih besar. Bernie Madoff membuat orang – orang hormat padanya  dan menunjukkan kemurahan hati melalui kegiatan amalnya, sehingga dia mampu untuk merayu investor dan menipu sejumlah organisasi nirlaba, bahkan beberapa dari mereka dananya hampir habis. Beberapa yayasan seperti Yayasan Elie Wiesel untuk Perdamaian dan badan amal perempuan global Hadassah juga menjadi korban skema ponzi Bernie.

Mekanisme Ponzi Bernie Madoff

Bernie Madoff mengklaim menghasilkan keuntungan yang besar dan stabil melalui strategi investasi yang disebut konversi pemogokan terpisah, kenyataannya Madoff hanya mendepositkan dana klien ke satu rekening bank yang dia gunakan untuk membayar nasabah yang akan menarik dana investasinya.

Bernie membayarkan penarikan dana investor dengan menarik investor baru dan uang mereka, tetapi pada akhir tahun 2008 saat pasar bearish, dia tidak dapat mempertahankan penipuannya.

Investigasi SEC

SEC telah menyelidiki Madoff dan perusahaan investasinya sejak tahun 1999. Pada tahun 1999, Analis keuangan Harry Markopolos adalah orang pertama yang melaporkan Bernie Madoff, Harry melakukan perhitungan dan mengatakan bahwa Madoff telah berbohong, dia mengajukan laporan pertamanya ke SEC terhadap Madoff pada tahun 2000, tetapi regulator mengabaikan laporan Harry.

Pada suatu surat Harry Markopolos menulis bahwa Madoff Securities adalah Skema Ponzi terbesar di dunia, Markopolos mencatat sejumlah kerancuan, Perusahaan Madoff mengklaim menghasilkan uang bahkan ketika S&P jatuh, yang tidak masuk akal secara matematis. Bahkan Harry Markopolos juga mengetahui Madoff mengajukan pinjaman besar dari bank-bank Eropa yang seharusnya tidak perlu dilakukan jika return investasi yang dihasilkan Madoff seperti yang dia klaim.

Pada November 2008, Bernard L. Madoff Investment Securities LLC melaporkan laba tahun ke tahun sebesar 5,6% sedangkan S&P 500 telah turun 39% selama periode yang sama. Tahun 2008 Ketika investor terus menarik dananya, Madoff pada akhirnya tidak dapat membayarkan uang investasi tersebut. Bernie ditangkap pada 11 desember 2008 dan mengakui kejahatannya tahun 2009.

SEC dikecam pada tahun 2008 setelah terungkapnya penipuan Madoff dan respon lambat SEC untuk menindaklanjuti kasus tersebut. Banyak yang merasa jika SEC lebih teliti dalam penyelidikan awalnya, kerugian akibat skema ponzi madoff dapat dicegah.

Dampak Skema Ponzi Bernie Madoff

Menurut dokeumen penipuan Madoff berlangsung lebih dari lima dekade, dimulai tahun 1960-an. Pernyataan akun terakhirnya, mencakup jutaan halaman transaksi palsu, dalam laporan akuntansinya menunjukkan bahwa perusahaan memiliki keuntungan sebesar $ 47 miliar.

Ribuan investor kehilangan tabungan hidup dan beberapa investor juga bunuh diri termasuk anak tertua dari Bernie Madof juga bunuh diri dua tahun setelah penipuan ayahnya terungkap.

Madoff dijatuhi hukuman 150 tahun penjara dan dipaksa membayar $ 170 miliar pada tahun 2009. Tiga rumah dan yacht miliknya dilelang oleh US Marshals. Bernie di tahan di Lembaga Pemasyarakatan Federal Butner Carolina Utara.

 Source image:cnbc

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar