Big Data

Big Data

Apa itu Big Data ?

Big Data adalah kumpulan informasi yang besar, beragam dan tumbuh dengan kecepatan informasi yang terus meningkat. Hal Ini mencakup volume informasi, kecepatan perpindahan, pembuatan dan pengumpulannya, dan variasi atau cakupan titik data yang dicakup atau dikenal sebagai 3V Big Data (Volume, Velocity, Variety). Big data sering kali berasal dari data mining dan didapatkan dalam berbagai format.

Big data disimpan dalam database komputer dan dianalisis menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menangani kumpulan data yang besar dan kompleks. Big data dapat dikumpulkan dari komentar di sosial media, situs web, aplikasi pribadi, pembelian produk, dan check-in elektronik.

Cara kerja Big data

Big data dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu Big Data tidak terstruktur atau terstruktur. Data terstruktur terdiri dari informasi yang sudah dikelola dalam database dan spreadsheet dan sering berbentuk numerik, sedangkan Data tidak terstruktur adalah informasi yang tidak teratur dan tidak termasuk dalam model atau format yang telah ditentukan sebelumnya, data ini biasanya  dikumpulkan dari media sosial yang membantu institusi mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pelanggan.

Banyak perusahaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) yang mengkhususkan diri dalam mengelola jenis data kompleks ini karena Big Data disimpan dalam database komputer dan dianalisis menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menangani kumpulan data yang besar dan kompleks.

Fungsi Big Data

Analis data menganalisis hubungan antara berbagai jenis data, misalnya data demografis dan riwayat pembelian, untuk menentukan apakah ada korelasi. Analisi seperti itu dapat dilakukan secara internal atau eksternal oleh pihak ketiga yang berfokus pada pemrosesan Big Data menjadi format yang dapat dibaca. Perusahaan sering menggunakan penilaian big data dari  para ahli untuk mengubahnya menjadi informasi yang dapat berguna. Contohnya Alphabet dan Facebook yang menggunakan Big Data untuk menghasilkan pendapatan dari iklan dengan menempatkan iklan bertarget kepada pengguna di media sosial.

Keuntuangan dan Kerugian Big Data

Peningkatan jumlah data yang tersedia memunculkan peluang dan masalah. Secara umum, memiliki lebih banyak data tentang pelanggan memberikan perusahaan kekuatan untuk menyesuaikan produk dan upaya pemasaran lebih baik untuk memberikan kepuasan tertinggi dan membuat bisnis terus beroperasi. Perusahaan yang mengumpulkan data dalam jumlah besar dapat melakukan analisis yang lebih dalam dan lebih luas.

walaupun analisis yang lebih baik adalah hal yang positif namun, big data juga dapat menimbulkan beban berlebih dan gangguan, sehingga mengurangi manfaatnya. Perusahaan harus terbebani volume data yang lebih besar dan harus menentukan data mana yang merepresentasikan sinyal dibandingkan dengan noise.

Selain itu, sifat dan format data juga memerlukan penanganan khusus sebelum diolah. Data terstruktur, terdiri dari nilai numerik, dapat dengan mudah disimpan dan disortir namun, Data tidak terstruktur, seperti email, video, dan dokumen teks, memerlukan upaya terlebih dahulu sebelum menjadi data yang berguna.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

 

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar