Kontrak Bilateral

Kontrak Bilateral

Apa Itu kontrak Bilateral ?

Kontrak bilateral adalah kesepakatan antara dua pihak di mana setiap pihak setuju untuk memenuhi setiap kesepakatan yang telah dibuat, perjanjian perdagangan, sewa, atau kontrak kerja adalah contoh umum dari kontrak bilateral.

Dalam negosiasi perdagangan multinasional, kontrak bilateral dapat disebut sebagai "Side Deal" yakni, kedua belah pihak terlibat dalam negosiasi umum tetapi juga melihat perlunya kontrak terpisah yang hanya relevan untuk kepentingan mereka.

Memahami kontrak Bilateral

Kontrak bilateral adalah jenis perjanjian mengikat yang paling umum. Setiap pihak terikat pada janjinya sendiri, dan setiap pihak diwajibkan terikat dengan janji pihak lain. Sebuah Kontrak Bilateral harus ditandatangani sehingga perjanjian tersebut jelas dan memiliki kekuatan hukum.

Perjanjian perdagangan adalah salah satu contoh kontrak bilateral misalnya, Seorang pembeli mobil setuju untuk membayar ke penjual sejumlah uang sebagai ganti hak atas mobil tersebut lalu Penjual setuju untuk menyerahkan hak milik mobil dengan imbalan sejumlah uang yang ditentukan. Jika salah satu pihak tidak dapat memenuhi kontrak tersebut maka, telah terjadi pelanggaran kontrak .

Kontrak bisnis hampir selalu bersifat bilateral, Bisnis memberikan produk atau layanan dengan imbalan uang, sehingga sebagian besar bisnis terus-menerus membuat kontrak bilateral dengan pelanggan atau pemasok, atau contoh lain Sebuah kontrak kerja karyawan dimana perusahaan berjanji untuk membayar dengan harga tertentu setelah menyelesaikan pekerjaan atau tanggungjawab sesuai yang disepakati dalam kontrak, hal ini juga termasuk kontrak bilateral.

Perbedaan kontrak Bilateral & Unilateral

kontrak bilateral menurut definisi yaitu memiliki kewajiban timbal balik dan setiap pihak terikat untuk memenuhi janji dan kewajibannya pada pihak lain.

Sedangkan  kontrak sepihak / unilateral, hanya akan dilakukan ketika pihak lain telah memenuhi kewajibannya. Kontrak sepihak biasanya melibatkan pihak pertama yang akan memenuhi kewajiabannya setelah pihak kedua menyelesaikan tugas.
Contoh kontrak  Unilateral atau sepihak adalah kontes ninja warrior berhadiah 5juta, penyelenggara kontes wajib membayar hadiah kepada pemenang kontes jika telah berhasil melewatai seluruh rintangan, namun jika tidak ada yang berhasil melewati rintangan maka, pihak penyelenggara tidak berkewajiban memenuhi janjinya.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar