Reksa dana Campuran

Reksa dana Campuran

Apa Itu Reksa dana Campuran?

Reksa Dana Campuran adalah Reksa Dana yang melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas (saham), Efek bersifat utang (obligasi), dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih, dimana dalam portofolio Reksa Dana tersebut wajib terdapat Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat utang.

Beberapa manajer investasi menyusun porsi penempatan investasi yang berbeda – beda dan bahkan terdapat manajer investasi Indonesia yang menempatkan porsi saham yang cukup besar.

Diluar negeri terutama AS reksa dana ini dana ini ditempatkan pada campuran saham dan obligasi yang relatif tetap. Reksa dana campuran memiliki instrumen yang mirip dengan Reksa dana seimbang atau balance fund.

Fungsi Reksa dana Campuran

Fungsi Reksa dana Campuran adalah sebagai salah satu alteratif investasi dengan karakteristik yang seimbang. Reksa dana ini memiliki porsi yang seimbang antara ekuitas dan hutang, dengan tujuan berada di antara pertumbuhan (growth investing) dan pendapatan (income investing). Reksa dana campuran ditujukan untuk investor yang mencari campuran keamanan, pendapatan, dan apresiasi modal yang sederhana.

Unsur-unsur Portofolio Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran adalah jenis dana hibrid yang diversifikasinya di antara dua atau lebih kelas aset fix income dan saham. Jumlah yang diinvestasikan dana ke setiap jenis aset diatur dalam POJK dengan komposisi masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih.

Komponen obligasi dan pasar uang dapat mencegah terjadinya guncangan pasar saham sehingga volatilitas menjadi lebih stabil dan sebaliknya pasar saham juga dapat ikut andil memberikan keuntungan jika sedang bergairah. Sasaran utama produk ini adalah Investor dengan toleransi risiko rendah dengan waktu investasi menengah sampai panjang.

Contoh Reksa Dana Campuran

Misalkan contoh Reksa Dana Campuran milik Mandiri Investasi dengan produk Mandiri Brawijaya Investa Berimbang (MBIB) dengan target dan sasaran memberikan tingkat pendapatan investasi jangka panjang yang menarik melalui investasi pada Efek Bersifat Ekuitas dan Efek Bersifat Utang serta Instrumen Pasar Uang dalam negeri dan/atau deposito.

Porsi produk Mandiri Brawijaya Investa Berimbang (MBIB) terdiri dari beberapa campuran aset antara lain:

Finance 24.20%

Infrastructure 7.78%

Basic Industry 6,73%

Consumer 6,37%

Others 11,12%

Reksadana ini memiliki fitur Denominasi Indonesian Rupiah (IDR), Kebijakan Investasi Saham 1%-79%, Pasar Uang 1%-79% dan Obligasi 1%-79%. Minimum Pembelian IDR 50,000, Minimum Penjualan Kembali           IDR 50,000 dan Biaya Pembelian Min. 0.75% Maks. 2%.

Biaya Penjualan Kembali Maks. 1% (≤ 1 tahun), 0% (> 1 tahun), Biaya Pengalihan Maks.1.00% dengan Bank Kustodian Citibank, Cabang Jakarta. Produk ditujukan untuk investasi jangka menengah 3 sampai 5 tahun dengan toleransi risiko menengah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya!

 

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar