Sistem Bikameral

Sistem Bikameral

Apa itu Sistem Bikameral (Bicameral System) ?

 Sistem bikameral adalah pemerintahan yang memiliki sistem legislatif dua majelis, contohnya House Of Representatives (Dewan Perwakilan Rakyat) dan Senat yang membentuk Kongres AS. Kata bikameral berasal dari bahasa Latin yakni "bi" yang artinya dua dan "kamera" yang artinya ruang. 

Parlemen Inggris sudah lama menggunakan sistem bikameral dan menjadi acuan bagi kebanyakan sistem parlementer di seluruh dunia. sedangkan AS mengadopsi sistem bikameral setelah berdiri. 

Mekanisme Sistem Bikameral

Dalam sistem bikameral, dua ruang (Chamber) badan legislatif dapat memiliki organisasi, aturan, metode pemilihan anggota, dan kewenangan yang berbeda terkait dengan undang-undang dan pengawasan cabang-cabang pemerintahan lainnya. Di AS, cabang pemerintahan lainnya adalah cabang eksekutif dan yudikatif.

Ada alasan praktis dan historis untuk memiliki dua lembaga legislatif. Alasan praktis bagi sistem bikameral adalah berfungsi sebagai bagian dari sistem check and balances yang menyeimbangkan kekuatan berbagai bagian pemerintah atau masyarakat. Dengan membagi kekuasaan di dalam cabang legislatif, bikameralisme membantu mencegah cabang legislatif memiliki terlalu banyak kekuasaan. Di dalam badan legislatif, bikameralisme secara historis berfungsi untuk menyeimbangkan kekuatan berbagai kelas atau kelompok sosial dalam suatu masyarakat.

Sejarah sistem Bikameral di Eropa

Sistem bikameral muncul di Eropa pada abad pertengahan. Perbedaan kelas sosial yang terlalu jauh antara bangsawan, pendeta, dan rakyat jelata berarti kelas-kelas ini diwakili oleh kelompok perwakilan yang terpisah, yang ditugaskan untuk menasihati raja berkaitan dengan mewakili kepentingan lingkungan sosial mereka masing-masing. 

Di Inggris, kelompok ini berkembang menjadi House of Lords dan House of Commons. Di Inggris modern, House of Lords masih dianggap sebagai kelompok yang lebih elit dibandingkan House of Commons yang mewakili kelompok masyarakat umum.

Sejarah bikameralisme di AS

Sistem bikameral di AS terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat dikenal sebagai Kongres AS. Pada Pasal 1 Bagian 1 dari Konstitusi AS menetapkan bahwa Kongres AS terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Namun,Selama Konvensi Konstitusional, para pendiri Amerika tidak dapat menyetujui apakah setiap negara bagian harus memiliki jumlah perwakilan yang sama atau apakah jumlah perwakilan didasarkan pada ukuran populasi. 

Dalam perjanjian yang dikenal sebagai the Great Compromise, para pendiri AS memutuskan untuk menggabungkan kedua elemen dan sistem bikameral didirikan. 

Sebagaimana dua majelis (House) Parlemen Inggris, dua kamar (chamber) dalam legislatif AS juga dimaksudkan untuk mewakili pemangku kepentingan yang berbeda di AS. Senat dirancang untuk mewakili kepentingan Nasional Amerika Serikat (Senator awalnya ditunjuk oleh badan legislatif negara bagian, bukan dipilih) dan House Of Representatives (DPR) dipilih dan mewakili kepentingan rakyat umum. 

Hal ini juga tercermin dalam kekuasaan yang didelegasikan ke setiap House oleh Konstitusi, dengan Senat diberi peran yang lebih musyawarah, penasehat, dan pengawasan, sementara House Of Representatives (DPR) diberi wewenang utama atas konstituen perpajakan nya .

Aturan Sistem Bikameral di AS

Anggota DPR AS memiliki masa jabatan selama dua tahun. Tujuan Jangka waktu dua tahun agar perwakilan tetap tanggap terhadap kebutuhan pemilih. Ada 435 perwakilan DPR, proporsi ini sebanding dengan jumlah penduduk di negara bagian tersebut. 

Sistem ini disebut representasi proporsional. Contohnya negara bagian Alabama, misalnya, memiliki tujuh perwakilan, sedangkan California memiliki 53. Tujuh negara bagian paling sedikit penduduknya seperti Alaska, Delaware, Montana, Dakota Utara, Dakota Selatan, Vermont, dan Wyoming  masing-masing hanya memiliki satu perwakilan. 

Setiap negara bagian juga memiliki dua Senator yang dipilih langsung oleh pemilih dan menjabat selama enam tahun, sistem ini disebut Equal representation (Representatif Setara), Namun jabatan ini cenderung dijabat oleh para elit.

Setiap House memiliki persyaratan berbeda, Untuk menjadi US Representative (DPR) AS, harus berusia minimal 25 tahun, warga negara AS minimal selama tujuh tahun dan telah menjadi penduduk negara bagian yang ingin diwakili. Untuk menjadi Senator AS, Anda harus berusia minimal 30 tahun, warga negara AS setidaknya selama sembilan tahun, dan penduduk negara bagian yang ingin Anda wakili.

Setiap House juga memiliki kekuatan yang berbeda. Hanya anggota House of Representatives (DPR) yang secara pidana menuntut dapat mendakwa presiden dan pejabat federal lainnya, sedangkan Senat dapat kemudian meninjau kasus tersebut. DPR dapat memutuskan pemilihan presiden jika tidak ada calon yang memenangkan mayoritas suara electoral college. Dan setiap RUU yang meningkatkan pembayaran pajak berasal dari DPR, lalu Senat memiliki kekuatan memberikan suara untuk mengkonfirmasi penunjukan lebih dari 1.000 pejabat eksekutif, dan dapat meratifikasi perjanjian dengan dua pertiga suara.

Bikameral dan Unikameral

Di seluruh dunia, sekitar 41% pemerintahan mengadopsi sistem bikameral dan sekitar 59% menggunakan sistem unikameral. Negara yang menggunakan sistem bikameral antara lain Australia, Brasil, Kanada, Jerman, India, Inggris, Irlandia, Belanda, Rusia, Spanyol, dan Republik Ceko.

Perbedaan masa jabatan, dan metode pemilihan (dipilih langsung, dipilih tidak langsung, diangkat, dll untuk setiap kamar (chamber) dalam sistem bikameral akan berbeda di setiap negara. Sistem unikameral menjadi lebih populer selama abad ke-20, dan beberapa negara seperti Yunani, Selandia Baru, dan Peru, mengubah sistem dari bikameral ke unikameral.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Jadilah investor pasar saham Indonesia.

Untuk pembukaan akun saham (rekening sekuritas) dapat menghubungi kami disini atau disini

Gratis tanpa dipungut biaya

Dipost Oleh Super Administrator

Follow us on IG : https://www.instagram.com/bigbrothersinvestment/ and Twitter : https://twitter.com/BigBroInvest

Post Terkait

Tinggalkan Komentar